Minggu, 25 September 2011

Kata Kiasan





Kata Kiasan, hal tersebut adalah sesuatu yang biasa saja, khususnya bagi mereka yang sudah "dewasa", kenapa bisa begitu? Kita akan lihat jawabannya. :D

Jika kita memandang keseluruhan alam semesta sebagai suatu kesatuan unik, karena menjadi bagian dari ciptaanNya, so pasti akan terpukau dengan apa yang ada termasuk kata-kata. Masih ingat tidak? Salah satu sosok panutan penting sebagian kita, seringkali memberi kiasan dalam bentuk perumpamaan, sebelum memberitahu maksud yang sebenarnya kepada yang lain. Itu sebagai tanda bahwa suatu kiasan itu punya arti penting dalam keberadaannya. :)

Kata-kata yang keluar dari seseorang baik secara langsung, tidak langsung, bertele-tele, dan ambigu juga menjadi suatu kreasi dalam kata-kata. Pastinya manusia dapat menciptakan itu semua ya dari akal budi yang ada, yang dianugerahkan oleh Pencipta.

Dulu saya mendengar suatu lagu yang sangat memainkan kata-kata kiasan. Waktu itu saya masih remaja, lagunya enak didengar tapi saya belum paham arti dari lirik lagunya, hingga mengira bahwa yang dikatakan di dalam lagu memang seperti itu apa adanya, bunga dalam arti sebenarnya. Sampai menjelang dewasa baru mengerti, tentang maksud sebenarnya dari lirik lagu tersebut, pastinya sebagian dari kita sudah menangkap. :D



Setiap orang memiliki kemampuan untuk merangkai kiasannya sendiri, hal itu dipengaruhi dengan cerita kehidupan masing-masing, seperti pengalaman, pengetahuan, pembelajaran dsb. Dapat dipastikan juga kesemuanya itu menjadi sumber inspirasi bagi perangkai kata tersebut.

Ada yang bilang sekarang yang serba kiasan sudah tidak laku, apakah benar? Tidak juga tuh, saya sendiri masih mengandalkan kiasan2 sebagai cara lain sebagai cara berekspresi. Karena tidak semua orang dengan lantang dapat menunjukkan ekspresinya, terkecuali untuk urusan bisnis, saya percaya istilah lebih cepat lebih baik seperti slogan Pak JK dahulu :)

Meski sudah menjadi rahasia umum, pandangan ini saya sampaikan sebagai saya di masa muda saat ini, karena kelak di masa dewasa dan tua nanti, saya juga tidak menutup kemungkinan tiba2 berperilaku sebaliknya, karena beda jaman ya beda pandangan. 

Bagaimanapun suatu karya seni, termasuk kata kiasan harus bersifat informatif di samping inspiratif, karena idealnya ada maksud di balik kata-kata kiasan tersebut.
:D